Musik Rakyat Yang Kini Merakyat


Dangdut itulah musiknya, dangdut memang mendominasi musik di tanah air dibeberapa tahun tarakhir ini. Sudah tak bisa dipungkiri dangdut identik dengan musik rakyat indonesia bagai mati suri. Yang dulu tergeser berbagai aliran musik di tanah air, namun kini secara agresif mulai mendominasi diberbagai aliran masyarakat.

Dangdut terbagi menjadi beberapa aliran, mulai dangdut remix, dangdut koplo, dangdut melayu dan rock dangdut serta dangdut campursari. Semua aliran dangdut itu pada dasarnya semua dirancang untuk menghipnotis para penikmatnya untuk bergoyang.

Dulu memang tak seperti saat ini, dahulu para penikmat musik bisa didekte oleh radio maupun televisi dalam bermusik. Maksudnya apapun yang ditayangkan di tv ataupun yang di putar diradio pasti menjadi booming. Namun beda dengan zaman saat internet pada genggaman. Penikmat musik pun bisa lebih independen dengan mudahnya mengunduh lagu maupun streaming di internet. Sehingga lagu terpopuler memang lagi yang digemari rakyat secara murni tanpa di dekte oleh pihak manapun.

Munculnya artis - artis pendatang baru dangdut bukti kebangkitan dangdut telah dimulai, jika kita di jawa timur pasti artis ciliknya Tasya Rosmala yang sedang hit di tahun ini. Mulai dari dalam bus jurusan surabaya sampai bojonegoro pasti tasya rosmala berada di telinga rakyat jawa timur. Bahkan di hp orang - orang pun kalau di periksa berisi om palapa.

Musik dangdut memang merakyat. Diberbagai tempat karaoke pun lagu dangdut tetap menjadi yang paling sering dinyanyikan, lagu - lagu yang dinyanyikan pun mulai lagu dangdut lawas hingga terbaru namun telah diaransemen ke dangdut koplo, ini tak lepas dari karakter dangdut sebagai musik berjoget dan berduet yang sudah menjadi ciri khas sebuah musik rakyat.

Banyak tulisan rock never die, jazz never die. Tetapi semua tulisan tersebut bukti genre musik tersebut mulai diujung tanduk. Bisa dibilang hidup segan mati tak mau, akan tetapi kini musik rakyat yang menjadi pemenang. Kekuatan rakyat pun dapat menentukan aliran musik sendiri tanpa di dekte oleh pihak manapun. Jangan takut kalau dangduter itu dibilang ndeso, karena jutaan SNP( sahabat new palapa ) berada dimanapun rakyat berada. Termasuk di hajatan orang khitanan, pastinya musik dangdut ada.


Tag : Musik

-