Siapa dibalik saracen ?


Baru - baru ini netizen dihebohkan sebuah kelompok penyebar ujaran kebencian yang menamakan dirinya dengan SARACEN. Kelompok ini tergabung dari beberapa orang dalam menjalankan aksinya dan setiap orang memiliki peran masing - masing.

Terbongkar dan tertangkapnya sindikat kelompok pelaku kejahatan siber Saracen oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri membuka mata kita. Bahwa ujuran kebencian yang berseliweran diinternet merupakan tidak hadir begitu saja, akan tetapi ada suatu kelompok yang di bayar untuk kepentingan tertentu oleh para pemakai jasanya.

Kelompok Saracen,  memiliki keahlian untuk mencaplok akun media sosial hingga membaca situasi pemberitaan. Sehingga kelompok ini merupakan kelompok yang profesional dan terlatih dalam membuat berita yang membakar kebencian para pembacanya.

 Kepolisian merilis bahwa ada lebih dari 800 ribu akun yang tergabung dalam kelompok tersebut.akun - akun inilah yang digunakan untuk menyebar berbagai ujaran kebencian.

 Tujuan kelompok saracen semata hanya demi uang, asalkan bayaran sesuai, kelompok ini dapat bergerak sesuai pesanan pemakai jasanya. Cukup fantastis untuk memakai jasa saracen, mereka memasang tarif puluhan juta rupiah.

Siapa pemakai jasa saracen ?

Dari hasil penelusuran pihak kepolisian, terdapat aliran dana dari seseorang yang masuk ke kelompok saracen. Seseorang tersebut bernama Asma Dewi, yang telah ditetapkan sebagai tersangka karena keterkaitannya dengan saracen.

 Usut punya usut, Asma Dewi ini pernah berfoto dengan sejumlah pihak, salah satunya Ahmad Dhani, selain itu Asma Dewi juga pernah berfoto dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Hal ini membuat kita bertanya - tanya, apakah ada kaitannya publik figur di negeri ini dengan saracen? Mari kita tunggu perkembangan selanjutnya dari pihak kepolisian.


Tag : umum

-